Berinvestasi pada sebuah bisnis merupakan salah satu impian banyak orang. Hanya saja, praktiknya tak semudah yang dibayangkan. Sebagian orang menghadapi berbagai kendala saat hendak membangun sebuah bisnis baru, seperti modal, ide/konsep bisnis, sumber daya, serta strategi untuk meraih sukses. Bagi mereka yang ingin memulai berbisnis tetapi menghadapi banyak kendala, terutama rendahnya rasa percaya diri dalam menjalankannya, bisnis waralaba atau franchise adalahsalah satu solusinya. 

Usaha waralaba atau yang lebih populer dengan sebutan franchise sesungguhnya bukan jenis bisnis baru. Di tahun 1935, seorang pengusaha asal Amerika Serikat, Howard Deering Johnson adalah pelopor bisnis dengan sistem franchising. Ia memulai bisnis tersebut dengan sebuah restoran bernama “HoJo”. Nah, jadi, apa itu franchise? Ikuti ulasannya di bawah ini. 

Apa itu Franchise?

Secara sederhana, bisnis franchise adalah sebuah peluang usaha bagi seseorang yang menggunakan ide, brand, logo, sumber daya, dan proses dari seorang franchisor secara legal. Konsep bisnis ini disebut sistem franchise. Jadi, bila Anda membeli sebuah perusahaan franchise dari seorang franchisor, Anda disebut seorang franchisee

Selain berhak menggunakan merek dagang dan sistem bisnis seorang pemilik franchise, seorang franchisee juga berhak menjual kembali produk franchise-nya. Setelah membeli sebuah franchise, Anda harus menjalankan bisnis sesuai perjanjian dengan franchisor. Sebagai imbalan, franchisor Anda akan turut memelihara proses bisnis franchise tersebut. 

Beberapa contoh usaha franchise terkemuka ialah restoran hidangan cepat saji, seperti Wendy’s, KFC, McDonald, serta Burger King. Itulah mengapa logo, manajemen, menu, resep, konsep restoran, hingga iklan serta sistem marketing sebuah restoran franchise sama di berbagai outlet restoran tersebut di seluruh pelosok negeri. 

Keuntungan dari Menjalankan Usaha Franchise 

Model bisnis apa pun yang dijalankan, tentunya memiliki keunggulan maupun kekurangan masing-masing. Demikian pula dengan bisnis franchise. Namun, kali ini kita hanya akan berfokus pada keuntungannya saja, seperti berikut ini.  

  • Manajemen Bisnis yang telah Terbangun

Berbeda dengan bisnis sendiri, sistem waralaba atau franchise adalah sebuah sistem bisnis yang telah dilengkapi manajemen bisnis yang matang. Pada umumnya, para franchisor membuka bisnis waralabanya bagi yang berminat untuk membeli franchise-nya karena bisnis mereka telah mapan, memiliki pasar yang stabil, serta reputasi yang baik. Otomatis, manajemen maupun strategi bisnisnya hanya tinggal dilanjutkan saja.

  • Risiko Bisnis Lebih Kecil

Franchise adalah jenis investasi yang relatif lebih aman dibandingkan bisnis baru karena mendapat dukungan besar dari perusahaan induk (franchisor) yang jauh lebih besar dan mapan. Strategi bisnisnya pun telah teruji selama bertahun-tahun sehingga efektif untuk menggapai sukses. Sebagian franchisor pun bahkan memberikan pinjaman dana kepada para franchisee mereka.

Karena riwayat kesuksesan dan reputasi yang baik, mengajukan pinjaman untuk modal bisnis franchise ke bank lebih mudah dibandingkan untuk bisnis mandiri. Pihak bank mengetahui bahwa keamanan berinvestasi pada bisnis franchise cukup terjamin sehingga mereka tidak ragu lagi memberikan pinjaman pada para franchisee

  • Brand yang Telah Dikenal Khalayak

Pada umumnya, mayoritas brand franchise adalah brand yang sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat. Merek dagang mereka biasanya telah memiliki konsumen setia serta pasar yang stabil. Oleh karena itu, para franchisee tidak harus berpikir keras lagi untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat. 

Belum lagi, liputan media cetak maupun elektronik yang luas juga dapat membantu proses pemasaran bisnis waralaba di masyarakat.

  • Menjadi Bos bagi Bisnis Sendiri

Usaha franchise adalah usaha yang memungkinkan Anda berperan sebagai bos bagi bisnis Anda sendiri. Dengan bisnis ini, Anda dapat menentukan jadwal kerja yang lebih fleksibel dan memiliki otonomi yang lebih luas dalam karier. Anda bahkan dapat memilih untuk bekerja dari rumah saja karena sebagian perusahaan franchise juga menyediakan pegawai untuk para franchisee-nya.

  • Peluang Sukses yang Lebih Besar

Biasanya, usaha waralaba berpeluang sukses lebih besar dan cepat karena reputasi yang baik pada liputan media dan pasar sekaligus konsumen setia. Dana modal yang harus dikeluarkan pun sudah terukur karena kematangan manajemen serta strategi pemasaran bisnis ini. 

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *